/ Taman Sari, Jakarta Barat tempoe doeloe ~ oiraM
More

Taman Sari, Jakarta Barat tempoe doeloe


Ada yang tahu dimana kira-kira lokasi foto yang diambil tahun 1948 ini? dari kanal di belakangnya dan bangunan di sekitarnya serta lebar jalannya mungkin tidak sulit bagi orang Jakarta menebaknya. Ya benar, foto ini diambil di Jalan Hayam Wuruk Jakarta Barat, sebuah jalan yang sangat sibuk saat ini, kontras dengan foto yang tampak masih sangat lengang.

Menelusur ke masa lalu memang mengasyikkan, saya pernah membaca buku tentang Batavia di masa lalu, sungguh menarik dan menghanyutkan membaca bagaimana kota ini dibangun dan dibesarkan berbasis pelabuhan. Kali ini saya ingin sharing tentang asal usul daerah Taman Sari, yang sekarang dipakai sebagai nama salah satu kecamatan dan kelurahan di Jakarta Barat.

Kawasan ini terletak tak jauh dari Glodok, sehingga memang mayoritas penduduknya adalah orang-orang Tionghoa dengan aktivitas perdagangannya, sehingga daerah ini berkembang menjadi daerah yang padat penduduk dan tempat-tempat usaha serta hampir tak tampak adanya sebuah taman yang layak disini.

Sejarah Taman Sari diyakini banyak sesepuh kawasan itu bermula sejak masa Hindia Belanda, yang membuat sebuah taman besar di daerah tersebut. Salah satunya adalah Wilhelmina Park yang entah karena nasionalisasi ataupun kultural akhirnya disebut Taman Sari. Dari Taman Sari juga hadir klub sepak bola yang didirikan masyarakat Tionghoa yaitu Chun Hwa Tjing Nen Hui dan sekarang dikenal sebagai Tunas Jaya.

Kecamatan Taman Sari meliputi 8 (DELAPAN) kelurahan yakni: Mangga Besar, Pinangsia, Taman Sari, Glodok, Tangki, Krukut, Maphar, dan Keagungan.

1 comment

14 November 2013 at 00:32

Saya bangga menjadi calon wakil dari daerah yang indah ini :)

Post a Comment
 photo usps_logo_zps8af3cbdd.jpg